skip to content
05.pigeonmom_baby_1
Persiapan_traveling_bersama_si_kecil__sleeptightconsultant.com_

Persiapan Traveling Bersama Si Kecil

Traveling adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi yang menyukainya..nggak harus traveling yang jauh-jauh dan mengeksplor suatu daerah tertentu deh.. yang paling mudah adalah mudik.

Saat hari raya, tentunya ingin sekali berkumpul bersama keluarga besar. Dan apabila lokasi yang dituju jauh dari rumah, perjalananpun harus dilakukan.

Lalu muncullah suatu kekhawatiran, mm.. sekarang sudah ada buah hati.. ada si kecil yang menemani di dunia, bagaimana ya persiapannya?. Pertanyaan ini pasti terbersit di benak. Yuk, bahas sedikit-sedikit ya ..

Cukup Istirahat

Melakukan suatu perjalanan apapun bagi buah hati intinya adalah tetap jaga untuk cukup beristirahat. Jadi sarannya sih, tidak terlalu memaksakan dengan patokan jadwal dengan ukuran badan orang dewasa. Contoh yang mudah seperti ini, bila kita melakukan perjalanan dengan mobil (kendaraan pribadi).. 3jam saja badan sudah lumayan pegal-pegal karena harus berada pada posisi yang sama .. buah hati kita pun akan merasakan hal yang sama. Mungkin beberapa kali lebihnya, terutama balita yang terbiasa lincah kesana kemari. Saran, mulai beristirahatlah sejenak. Untuk melakukan peregangan dan biarkan buah hati mengeluarkan energinya berlari-lari, sebagai contoh.

Setelah sampai di tempat tujuan, usahakan ada jeda beberapa hari agar si kecil dapat beristirahat penuh sebelum melakukan perjalanan panjang lagi. Karena istirahat saat melakukan perjalanan tidaklah sama dengan bila sedang berdiam disuatu tempat.

Cukup Asupan

Ini adalah hal yang utama menjaga kebugaran tubuh. Saat perjalanan, waktu makan biasanya tidak seteratur bila dirumah, dan yang paling sering karena kelelahan perjalanan, anak menjadi agak sulit makan. Hal ini dapat atasi dengan pemberian porsi makan kecil dan lebih sering kepada buah hati. Variasi makanan kecil yang dapat diberikan dengan bentuk yang beragam, namun tetap dengan gizi yang seimbang. Seperti buah potong, roti coklat, cupcake, wortel rebus, dan lain-lain. Untuk yang membawa bayi yang sudah MPASI dan belum makan makanan keluarga, bawalah kaldu panas yang ditaruh di dalam termos secukupnya, Untuk digunakan sebelum memberikan bayi makan. Ini akan melunakkan makanan yang dibawa, dan memberikan kehangatan pada makanan sehingga bayi lebih nyaman daripada memakan makanan dingin dan keras.

Bantu Menyamankan Saat Naik Pesawat Terbang

Bila membawa bayi, bila akan naik pesawat terbang tidak perlu khawatir akan tekanan tinggi yang mengganggu telinga bayi, asalkan saat landing, take off dan bila ada turbulence saat didalam pesawat, langsung susui bayi. Ini akan membantu mengalirkan udara di kepala dan mengurangi tekanan yang terjadi. Selain itu, menyusu langsung ke Ibu juga menyamankan bayi dengan keluarnya hormon pada ibu dan bayi. Pilihlah kursi dengan nomor kecil, karena semakin dibelakang posisi duduk, turbulence yang dapat terjadi semakin besar dirasakan.

Kalau Kebosanan

Buatlah permainan saat di perjalanan agar anak tidak bosan. Permainan sederhana seperti menghitung benda tertentu yang ditemukan, bercerita dengan apa yang dilihat, dan lain-lain. Hal ini berguna untuk mengalihkan perhatian anak akan kelelahan yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Hati-Hati

Saat perjalanan, keselamatan tentunya menjadi hal yang utama. Lebih baik tertunda beberapa jam diperjalanan daripada menggantungkan keselamatan. Karena, apalah arti perjalanan bila harus disertai dengan kesedihan karena terjadi hal yang tidak diinginkan karena kurang berhati-hati.

Happy traveling, sampai tujuan dengan selamat dan anak tetap sehat.

Semoga bermanfaat

-Maharani Bayu, Dokter Laktasi Eka Hospital BSD-

*image from sleeptightconsultant.com

back to index

Sign In

Sign Up

or